Cara Mendiagnosis Pembesaran Kelenjar Getah Bening

Memiliki kelenjar getah bening yang membesar adalah kondisi yang tidak nyaman. Gejala ini dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Anda harus mengunjungi dokter Anda, terutama jika Anda tidak memiliki gejala lain. Namun, Anda harus menyadari bahwa kondisi tersebut dapat disebabkan oleh beberapa penyakit, termasuk kanker dan kondisi peradangan. Jika Anda khawatir tentang kelenjar getah bening Anda, Anda harus mendapatkan diagnosis profesional. Jika Anda menderita kondisi ini, Anda harus mengambil langkah-langkah berikut.

Langkah pertama dalam mendiagnosis pembesaran kelenjar getah bening adalah mendapatkan diagnosis. Jika pembengkakan baru dan terus-menerus, Anda harus membuat janji dengan dokter. Biopsi diperlukan jika kelenjarnya besar dan lunak. Jika Anda mengalami kulit kemerahan atau gatal di atasnya, Anda mungkin menderita limfadenopati. Anda juga harus khawatir jika Anda mengalami kesulitan menelan atau suara pernapasan yang tidak normal. Kelenjar getah bening di tubuh Anda adalah bagian dari sistem kekebalan Anda dan melawan penyakit dan infeksi. Jika Anda memiliki kelenjar yang membesar, itu mungkin merupakan gejala dari penyakit yang berbeda.

Ada beberapa penyebab umum pembesaran kelenjar getah bening. Beberapa menular, dan sebagian besar tidak berbahaya. Lainnya, seperti penyakit catarrhal kronis, terjadi beberapa kali dalam setahun. Meskipun kondisi ini bisa menakutkan, penting untuk mencari pengobatan sesegera mungkin. Dengan mengedukasi diri sendiri tentang gejala pembesaran kelenjar getah bening, Anda dapat mengambil langkah yang tepat untuk mencegah infeksi lebih lanjut dan mengobatinya sesegera mungkin.

Dokter Anda dapat menggunakan tes pencitraan untuk mengkonfirmasi atau mengesampingkan kondisi lain. Beberapa dari tes ini termasuk rontgen dada, ultrasound, CT scan, dan MRI. Tes yang disebut FDG-PET dapat membantu menentukan apakah Anda menderita limfoma. Biopsi akan dilakukan untuk mengidentifikasi penyebab pembesaran kelenjar getah bening Anda. Biopsi ini dilakukan dengan mengambil sampel jaringan dari simpul Anda. Jika benjolan terinfeksi, itu mungkin merupakan tanda infeksi mulut. Seringkali, Anda akan melihat bahwa simpul Anda keras atau ganas.

Node Anda mengambil sampel getah bening dari tubuh Anda dan memperingatkan sistem kekebalan terhadap penyusup berbahaya. Jika mereka mendeteksi infeksi, kelenjar getah bening di dekat area yang terkena mungkin membengkak. Ini adalah indikator bahwa Anda sakit dan perlu mencari pengobatan. Pembesaran kelenjar getah bening adalah gejala infeksi. Jika bengkak, konsultasikan dengan dokter Anda. Ini bisa menjadi tanda peringatan penyakit yang lebih serius.

Jika Anda mengalami pembengkakan kelenjar getah bening, dokter Anda harus melakukan pemeriksaan untuk menyingkirkan infeksi. Pembengkakan kelenjar getah bening bisa menjadi tanda infeksi, tetapi akan hilang dengan sendirinya dalam waktu dua minggu. Gejala tersebut belum tentu merupakan tanda kanker. Ini bisa menjadi indikasi penyakit lain. Ini juga bisa menjadi gejala limfadenopati idiopatik.

Kelenjar getah bening adalah bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Mereka menyaring dan mendeteksi zat berbahaya dalam darah. Jika mereka bengkak, mereka akan memperingatkan sistem kekebalan tubuh. Pembesaran kelenjar getah bening adalah tanda peringatan bahwa Anda menderita infeksi. Pembesaran kelenjar getah bening bisa menjadi tanda infeksi mulut atau infeksi pernapasan. Anda harus menemui dokter jika Anda memiliki kelenjar getah bening yang membesar.

Pembesaran kelenjar getah bening merupakan indikasi bahwa ada sesuatu yang salah. Node menyaring sel "jahat" dan merupakan indikator limfadenopati. Gejala lain mungkin muncul bersamaan dengan pembengkakan kelenjar getah bening. Misalnya, sakit telinga dapat mengindikasikan infeksi telinga atau demam. Jika Anda demam, itu bisa berupa pilek atau infeksi. Tetapi dokter akan dapat mengidentifikasi penyebab pembesaran kelenjar getah bening dengan menganalisis semua detail ini.

Pemeriksaan fisik dan riwayat penyakit keluarga dapat membantu dalam diagnosis. Anda mungkin tidak memiliki tanda-tanda sama sekali, tetapi dokter akan dapat membantu Anda menentukan apakah kelenjar getah bening Anda bengkak atau tidak. Gejala seseorang akan tergantung pada penyebabnya. Jika mereka memiliki gejala dan tanda-tanda infeksi, mereka harus mencari perawatan medis sesegera mungkin. Node yang membesar mungkin merupakan tanda peringatan bahwa ada masalah yang lebih serius.

Tinggalkan Balasan